Selamat siang dokter, 8 bulan lalu saya pernah merasa separoh badan saya tidak nyaman (bagian kiri), kemudian saya periksa ke dokter, ternyata tekanan darah saya 170/110.
Lalu di beri obat obatan. Sampai akhirnya pada saat ini kisaran rata rata antara 120/75 – 145/100. Setiap tekanan darah saya melewati 140/90, saya minum obat yg diberi dokter tersebut. Dan biasanya langsung turun menjadi sekitar 120/75.
Saya selalu mengukur tekanan darah menggunakan alat digital dua kali sehari. Saya perhatikan setelah minum obat, tekanan darah turun ke normal, tapi lambat laun akan meningkat, dan akan mencapai diatas 140/90 dalam waktu 1 – 3 minggu. Apakah ini hal yg normal ?
Setelah berumur 40 dan terkena tekanan darah ini, ada ada saja bagian tubuh saya yang jadi rada rada aneh, apakah ada Bapak/Ibu dokter yang bisa saya datangi untuk mengkonsultasinya, sehingga saya tahu pencegahan atau penyebabnya ?
Contohnya antara lain, jari kelingking dan jari manis saya kadang kesemutan, tanpa sebab yg saya ketahui. Leher bagian belakang kadang sakit. Ada bagian muka di sebelah kiri yg kadang kedut kedut (dekat mata dan rahang)
Salam

Jawaban Dokter :

Salam sehat,
Hipertensi atau tekanan darah tinggi berbanding lurus dengan usia manusia. Bahkan menurut penelitian, usia untuk terjadinya hipertensi ditemukan semakin dini, yaitu yang dulunya dekade 5 menjadi dekade 4. Hal ini diakibatkan berbagai macam faktor,Efek obat-obatan lain, dan sebagainya.
Gejala hipertensi bervariasi, dari tidak ada keluhan sampai kemungkinan stroke (dapat bermanifestasi sebagai lumpuh sebelah, kesemutan sebelah, koma, dst), serangan jantung, gagal jantung, gangguan ginjal (harus cuci darah) dst.
Batasan hipertensi adalah di atas 140/90 mmHg (sistole 140 mmHg dan diastole 90 mmHg). Baik dokter atau pasien harus waspada bila tekanan diastole di atas 120 mmHg, berapa pun angka sistole nya, ini dapat menyebabkan komplikasi berat seperti yang disebutkan sebelumnya.
Target penurunan tekanan yang dianjurkan adalah di bawah atau sama dengan 120/80 mmHg. Bila tekanan darah anda masih
di atas itu, berarti belum optimal. JIka anda mempunyai penyakit penyerta lain, seperti jantung, kencing manis, kolesterol, riwayat stroke, target nya menjadi 130/80 mmHg.
Fluktuasi tekanan darah lebih dari 20persen juga sangat tidak dianjurkan, karena dapat menimbulkan komplikasi itu sendiri.
Jadi, untuk hidup dengan hipertensi, anda dianjurkan:
1. makan makanan yang sehat, kurangi makanan olahan dan siap saji yang mengandung banyak garam.
2. olahraga minimal 3 kali per minggu, sekitar 30 menit.
3. minum obat hipertensi yang dianjurkan dokter SETIAP HARI (tidak menunggu tensi naik lebih dahulu).
4. tidur minimal 6 jam per hari.
5. untuk rasa kedutan dan kesemutan yang diderita, ada baiknya menjalani pemeriksaan gula darah, kolesterol dan kadar asam urat.
6. STOP merokok.
Semoga berguna.