dok .. saya mau bertanya tentang anak saya, umurnya 4.5 tahun dengan berat badan 14.5 kg.

sudah hampir 3 minggu belakangan ini anak saya batuk-batuk yang tak kunjung sembuh total .. dalam artian 4 hari sembuh sesekali batuk biasa dan besoknya kambuh lagi, mengingat banyak kawan lingkungan sekolah ataupun lingkungan rumah yang menderita batuk .. jd saya berasumsi klo dia tertular lagi dan lagi sampai pada akhirnya 4 hari lalu dia demam tinggi dan tidak nafsu makan. lalu saya bawa ke dokter umum dan disana anak saya di uap untuk bantu mengeluarkan lendir dahak ..dan diberi obat puyer dan antibiotik .. saya lihat perkembangan sampai hari ke 2 setelah dari dokter umum tersebut tidak ada perubahan , malahan suhu badan kalau menjelang malam makin tinggi .. (pernah saya ukur sampai 40.1 derajat) dan batuk semakin menjadi berdahak ..

kemarin malam saya bawa anak ke dokter Sp.anak .. diperiksa tes darah dan rontgen yang menyimpulkan anak saya harus dirawat disana karena menderita TBC pada anak dan akan terjadi penimbunan kotoran lendir di paru kalau tidak dirawat inap.

dari hasil Ro tersebut didapati:

COR : tidak membesar

Segmen Pulmonal tidak menonjol. Aorta tidak Dilatasi. Mediastinum Superior Tidak melebar

Paru : Hilus kasar, Vaskularisasi tidak meningkat, Infiltrat di Parihilar kanan , Paracardial kanan dengan Infiltrat Retrocardial

Ruang Retrostenal Normal. Sinus costofrenic dan Diagframa Baik. Tulang Rongga Thoraks vertebra dan soft tissue Normal.

Kesan : Infiltrat parahilar kanan , paracardical dan infiltrat retrocardial + Hilus kasar dd/spesifik

Kemudian dari tes darahnya, dikatakan leukositnya 22.000.

tolong bantu saya menjelaskan arti dari kesan Ro tersebut , dan asumsi dokter sendiri tentang penjelasan saya diatas .. terima kasih banyak sebelumnya ..

Jawaban Dokter :

Sobat,

TBC pada anak memang tidak disertai gejala seperti pada orang dewasa. Pada anak-anak biasanya gejalanya berupa tidak terjadi penambahan berat badan disertai keringat dingin. Untuk anak-anak diagnosa TB di dasarkan pada pemeriksaan darah, LED, rontgen serta mantoux test.

Mengenai hasil rontgen dari anak Sobat, secara awam dapat disimpulkan adanya infeksi di dalam paru-paru. Untuk hasil pemeriksaan darah, jika memang leukosit 22.000 menandakan adanya infeksi di dalam darah (leukosit dikenal juga sebagai sel darah putih, yakni sel imun yang berperan dalam memerangi infeksi). Dan untuk saat ini kemungkinan sumber infeksinya dari paru-paru.

Selain itu, jika memang anak Sobat menderita TBC, saya sarankan untuk segera mendapatkan pengobatan TBC hingga tuntas, sehingga tidak mengganggu tumbuh kembangnya ke depannya.

Semoga membantu