Dokter yang terhormat
Dok, mohon saran dan penjelasan tentang langkah apa yang harus keluarga tempuh untuk mengobati dan memulihkan sepupu saya. Sepupu saya terkena penyakit TB (tuberkulosis atau TBC-ed) meningitis, hasil MRI’pun menunjukkan bahwa selaput otaknya terdapat bintik-bintiknya. Sudah dirawat selama 2 bulan. Riwayat sepupu saya selama kuliah pernah satu kost dengan mantan penderita TB. ¬†Apakah mantan penderita TB bisa menyebabkan sakit TB sepupu saya yang sampai menginfeksi otaknya? Dan pengobatan selama 2bln ini belum ada perubahan masih sering demam, sakit kepala, mual dan muntah. Kira-kira apa yang bisa kami sekeluarga lakukan untuk mengobati saudara sepupu saya Dok?
Terima kasih Dok, mohon penjelasannya.

Jawaban Dokter :

Terima kasih untuk konsultasinya
Saya akan mencoba menjawabnya. Mantan penderita TB bila berobat rutin secara teratur, minum obat tidak terputus sesuai dengan yang dianjurkan dokter serta sudah dinyatakan sembuh biasanya kecil kemungkinan menularkan ke orang lain. Namun bila daya tahan tubuh sepupu anda menurun sekali dan ada kontak dengan penderita TB lainnya yang tidak diketahui, TB meningitis bisa saja terjadi. TB dapat menyerang semua organ dalam tubuh, termasuk otak, paru-paru, ginjal, usus, tulang belakang. pengobatan TB diluar TB paru, dalam hal ini TB otak membutuhkan waktu yang lama, masa penyembuhannya juga lebih lama.

Ada baiknya anda konsultasikan ke dokter yang merawat sepupu anda sebelumnya mengenai gejala dan keluhan yang dirasakannya, ditakutkan ada infeksi sekunder lainnya. semoga bermanfaat dan cepat sembuh

Salam sehat selalu