Anak saya 1 tahun 5 bulan dengan LED 27, oleh dokter Sp.A di mantoux test dan di rontgen katanya TB paru dan sudah mulai pengobatan dgn rifampisin dll 3 hari yang lalu. tapi dok saya masih ragu apakah iya anak saya sekecil itu sudah harus konsumsi obat berat itu???

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Penyebab meningkatnya LED pada anak-anak dapat karena anemia, luka, proses inflamasi atau infeksi.
Pada kasus anak anda, infeksi yang terjadi karena tuberkulosis, atau flek paru. TB dapat menyerang siapa saja dan usia berapa saja. Pada anak, gejalanya tidak khas, namun bisa ditegakkan dengan mantoux dan rontgen. TB memang tidak bisa hanya diobati dengan 1 obat saja, namun harus kombinasi. Kombinasi yang biasa dipakai antara isoniazid, rifampisin, dan pirazinamid.

Waktu meminum obatnya pun termasuk lama. Setelah 2 bulan pengobatan, perlu dilakukan evaluasi akan efektivitas obat tersebut. Jika respons pengobatan baik maka pengobatan akan dilanjutkan sampai 6 bulan. Namun jika tidak, pengobatan akan tetap dilanjutkan sambil dicari penyebabnya.

Semoga membantu,
Terimakasih.