ibu saya mengalami susah tidur sejak beberapa minggu ini akhirnya mengkonsumsi obat tidur… apa mgkn krn ibu baru saja kehilangan orang yang paling dicintai (ayah br saja meninggal dunia)
ibu merasa sama sekali tdk bisa tdr jika tdk minum obat, pernah tdk minum tapi jm 10 mlm terbangun & tdk bs tdr lagi akhirnya minum obat oh ya selama tdk bisa tdr ini ibu merasa panas di dalam dada dan punggung… apakah ini termasuk insomnia?apakah baik mengkonsumsi obat tdr stiap malam?haruskah konsultasi ke dokter? sekian terima kasih

Jawaban Dokter :

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Berapa usia Ibu Anda?
Dari cerita Anda ada beberapa gejala yang menjadi pokok permasalahan:
1. Sulit tidur
2. Kehilangan orang yang dicintai
3. Panas di dalam dada dan punggung
** obat tidur tidak menyelesaikan masalah. Jadi, sebelum ibu Anda ketagihan obat tidur, Anda segera membawanya ke dokter.
Apakah ibu Anda mengalami gejala nyeri dada juga? rasa tertekan di dada? adakah darah tinggi atau kencing manis pada ibu Anda?
Gejala panas di dada dan punggung dapat mengarah pada kelainan jantung, kerongkongan, atau lambung. (saluran pencernaan) Apakah rasa panas ini bertambah berat dengan menelan makanan?
Selain kemungkinan di atas, ada juga kemungkinan ibu Anda mengalami stres berat karena kehilangan orang yang dicintai. Sulit tidur dapat menjadi salah satu tanda tersering. Panas di dada dan punggung juga dapat merupakan dampak "fisik" dari tekanan psikologis yang dialaminya.
Saran saya,
Pertama : datanglah ke dokter Spesialis Penyakit Dalam (Sp.PD) untuk memeriksakan kesehatan ibu Anda. Mungkin nanti dokter akan menelusuri ada tidaknya kelainan di jantung atau saluran cerna.
Kedua: jika tidak ditemukan kelainan, datanglah ke Spesialis Kesehatan Jiwa (Sp.KJ). Sangat mungkin terjadi pukulan hebat pada psikologis ibu Anda setelah ditinggal oleh orang yang ia cintai, yang tidak teratasi dengan mekanisme pertahanan dirinya (coping mechanism).
Dokter Sp.KJ biasanya akan memberikan solusi yang menyeluruh, tidak hanya obat tidur atau obat untuk memulihkan mood saja, tetapi juga terapi psikologi yang dapat memulihkan kesehatan psikologis ibu Anda.
Jangan lupa, tetap berikanlah perhatian untuk Ibu Anda.
Biarkan ia menyadari bahwa walaupun Ayah Anda tidak lagi ada di sisinya, Anda dan anak-anak, serta semua sanak saudara yang lain tetap menyayanginya dan membutuhkan dia. Semoga dengan ini kondisi psikologisnya dapat pulih secara bertahap.
Demikian saran yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.