Selamat pagi dok, Saya ibu RT sudah 3,5th menikah tapi susah punya anak (belum pernah hamil), suami saya perokok. Dulu (1th lalu) sempat cek ke dokter, USG dan UTV saya normal dan suami OAT (oligoazooteratoozospermia). Hanya 3 bulan terapi tidak dilanjutkan, karena belum ada hasil dan suami putus asa. Kami vakum terapi dan tidak pernah ke dokter lagi untuk memulihkan semangat. Yang ingin saya tanyakan.

1. Apakah dengan kondisi OAT saya bisa hamil alami dengan kondisi suami tetap merokok?

2. Jika tidak bisa, bagaimana dengan IUI (Intra Uterine Insemination) dok? Berapa persen kemungkinan terjadi kehamilan? Untuk perkiraan biaya sendiri berapa?

3. Apa dengan IUI saya juga harus melakukan HSG terlebih dahulu, karena saya sendiri belum tau apakah saluran tuba lancar atau tidak?

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas perhatian dokter. Maaf pertanyaannya rame.

Jawaban Dokter :

halo sobat, bila dikatakan suami anda OAT (oligoazooteratoozospermia) maka kemungkinan penyebab belum memiliki keturunan adalah suami anda. Karena jumlah sperma, bentuk, dan gerak kurang dari normal. maka dari itu merokok sebaiknya dikurangi dan bila memungkinkan dihentikan, walaupun belum tentu kualitas spermanya jadi baik. namun rokok salah satu yang dapat merusak kualitas sperma. untuk inseminasi intrauterine mungkin lebih kecil kemungkinannya, untuk persennya saya tidak bisa memastikan karena tergantung dari kondisi suami anda dan usaha anda berdua. untuk melakukan inseminasi intrauterine tentu harus melakukan pemeriksaan HSG terlebih dahulu. semoga informasi ini membantu.