Anak perempuan umur 2bulan berat 5,2kg. Sy seorang Ibu pekerja. Sebentar lg Masa cuti sy berakhir tp anak Ga ♍åŮů° lg minum sufor. Setiap sy berikan sufor sll dimuntahkan Dan menangis. Sy udh coba ganti merk susu tp msh tetap Ŝά♏ά. Kalo asi sy perah dimasukkan botol, dia ♍åŮů°. Kendalanya produksi asi sy tidak banyak, sy takut tidak mencukupi slm sy Tinggal ngantor. Gimana caranya agar anak ♍åŮů° minum sufor lg yaa.. Dan sufor apa Ɣğ sebaiknya sy berikan? Sy juga ingin bertanya, gmn tanda2 bayi jika dia tidak cocok dg sufornya. Terimakasih.

Jawaban Dokter :

Mungkin anak ibu sedang mengalami yang disebut sebagai nurse striking bu. Hal ini memang sering terjadi pada anak usia 2-3 bulan bila anak minum ASI dan formula selang seling. Anak usia 2-3 bulan sudah mulai memilih ASI atau susu formula dengan botol dan biasanya anak akan memilih ASI dan mulai tidak mau botol.  Yang dapat dilakukan bila ASI tidak memungkinkan untuk diberikan adalah dengan memberikan susu formula atau ASI perah dengan sendok. Ibu juga dapat mencoba berbagai jenis dot mungkin ada yang bayi ibu mau. Dapat juga dicoba dengan mencoba dot yang bila tidak dihisap oleh bayi tidak keluar susunya. Atau coba disusui saat keadaannya sedikit mengantuk.Â
Kalau bayi tetap tidak mau dengan dot, coba saja dengan sendok atau cup feeder.Â
Untuk sufornya bila tidak ada riwayat alergi di keluarga ibu boleh gunakan sufor standard. Tetapi bila ada riwayat keluarga alergi/asma sebaiknya berikan susu yang hipoalergenik. Bila muncul alergi berarti susunya tidak cocok, gunakan susu extensively hydrolyzed atau bila anak tidak mau, gunakan susu soya. Tanda lain selain alergi (muncul merah-merah, diare, konstipasi) bisa juga tanda intoleransi lactosa seperti kembung.