Dokter yth,
Saya berusia 43 tahun, sehat jasmani rohani, punya pekerjaan yang tidak terlalu berat & tidak punya masalah pribadi yang berat.

Sejak 10 tahun terakhir, saya susah konsentrasi & sering lupa. Jika bekerja, saya hanya bisa fokus tak lebih dari 1 jam. Setelah itu saya harus istirahat untuk bisa fokus kepada pekerjaan yg sedang saya lakukan. Kalau diajak bicara, biasanya saya hanya bisa fokus selama 5 menit pertama. Sesudah itu saya tidak bisa lagi menyerap & mengingat informasi yang dikatakan oleh lawan bicara. Saya juga sering lupa, jika bepergian, ada saja yang tertinggal, entah itu kunci, hp. Saya sudah mencoba yoga, mind mapping & self-hypnosis, dari semuanya itu tidak ada yang bisa membantu untuk meningkatkan daya ingat & daya konsentrasi saya. Apakah ada solusi untuk masalah ini?

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Dalam kasus anda perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab keluhan anda. Banyak hal yang dapat mempengaruhi memori dan daya ingat. Mulai dari yang dapat disembuhkan, seperti karena infeksi, efek samping obat-obatan sampai yang sulit disembuhkan seperti demensia alzheimer yang merupakan suatu penyakit degeneratif. Dengan berkonsultasi ke dokter spesialis saraf dan mengetahui apa penyebabnya diharapkan pengobatan dapat dilakukan secepatnya dan memberikan hasil yang baik.

Semoga bisa membantu.