Haiii … Saya yuliana . Saya punya anak usia 18 bulan saat ini. Yang jadi masalah saya saat ini adalah anak saya sulit untuk tidur . Berat badan anak 11.6 kg .
Jam set tujuh bangun pagi dan jam 7 makan pagi ,biasanya jam 10 tidur tapi belakangan ini dia tidak mau tidur . Kenapa yah ini ? Dan sore hari kadang tidur dan tidak , biasanya tidur jam 3 dan jam 4 mandi habis gitu makan sore dan tidur malam jam 8 itupun sulit sekali masih rewek dang nangis2 . Saya mau melepaskan empengnya . Kadang kalo reewl sekali saya kasih .
Dia tidur satu kamar sama saya cuma tidur di kasur dia , tengah malam bisa minta tidur bersama saya .
Tolong kasih saran dan jadwal tidur untuk anak saya yg tepat .

Sekali lagi thankyou atas perhatiannnya .

Jawaban Dokter :

Untuk tidur memang harus dilatih menjadi suatu rutinitas yang baik bu. Yang bisa dilakukan tidur malam jangan terlalu malam, menjelang tidur jangan diajak main yang terlalu membuat anak aktif. Bila orang tua bekerja anak bisa begadang karena saat ibu pulang anak biasanya ingin bermain dengan ibu. mungkin juga anak sedang protes karena disapih empengnya.Â
 
Salah satu caranya dengan memberikan jadwal makan yang rutih agar anak tidur dengan perut kenyang, jangan diajak main terlalu aktif sebelum tidur, tidur malam digelapkan lampunya. Bila anak sedang protes saabar dulu bu, setelah 1 minggu mungkin anak lebih bisa beradaptasi.