Saya cewek usia 18 thn.Setiap hari saya selalu mengalami sulit tidur.Padahal saya tidak terlalu banyak pikiran.Mata saya baru bisa terpejam sekitar jam 1 sampai jam 2 pagi.Waktu saya periksa, tekanan darah saya cukup rendah yaitu 100.Apa ini ada hubungannya?

terima kasih

Jawaban Dokter :

Saudara tampaknya menderita gangguan tidur delayed sleep-phase syndrome (DSPS). Gangguan ini merupakan jenis gangguan irama sirkadian tidur anda dimana ada gangguan kronis dalam waktu tidur, suhu tubuh maupun hormonal. Penderita dengan DSPS umumnya tidur beberapa jam setelah tengah malam dan mengalami kesulitan di pagi hari. Umumnya pederita dapat tidur baik dan memenuhi kebutuhan tidur jika tidak mempunyai gangguan lain. Keluhan ini bisanya timbul sejak remaja dan kadang-kadang menghilang mendekati usia dewasa muda. Gangguan ini timbul karena pola tidur yang dianggap normal dengan pola tidur saudara.
Saudara perlu bedakan antara ngangguan ini dengan gangguan lain. Pada DSPS terdapat gambaran keterlambatan periode tidur dengan waktu tidur yang diharapkan; ketika tidak diperlukan untuk mempertahanan jadwal hidup yang ketat pasien mempunyai kualitas tidur yang baik sesuai usia; tidak ada masalah mempertahankan kualitas tidur setelah tertidur (tidak terbangun sebelum waktunya); tidak mampu untuk tidur lebih cepat dari fase tidur biasanya walaupun sudah memaksakan tidur lebih cepat. Jika terdapat perbedaan dengan penjelasan diatas hal itu menunjukkan adanya gangguan tidur yang lain yang perlu diperiksakan ke dokter pribadi anda.
Terima kasih