Selamat malam dok, saya seorang pemuda berusia 23 tahun. Kira2 3-4 tahun yang lalu saya pernah mengalami kelumpuhan sementara pada sebagian tubuh saya sebelah kiri. Jadi dari kepala sampai kaki sebelah kiri mengalami kelumpuhan sementara. Setelah saya melakukan pemeriksaan ke dokter saraf dapat disimpulkan bahwa saya kena serangan stroke ringan.

Yang mau saya tanyakan adalah apakah ada hubungannnya kejadian tersebut diatas dengan keadaan yg saya alami sekarang? Akhir-akhir ini saya mulai sadar kalau sekarang saya kesulitan menghitung jumlah yang banyak secara manual (contohnya setelah saya menghitung 50 saya tidak melanjutkan ke 51, 52, 53, 54 dst tapi justru jd lipatan 10 => 50, 60, 70, 80 dst). Selain itu saya juga mengalami kesulitan untuk bisa konsentrasi penuh, dulu saya bisa menyelesaikan satu novel dengan isi halaman sekitar 200-350 dalam satu hari tapi sekarang untuk bisa menyelesaikan beberapa halaman dalam sehari saja sudah susah. Apa semua hal yang saya alami merupakan efek dari kelumpuhan sementara yang saya alami dulu?

Apakah ada hubungannya antara stroke dengan kanker otak? Karena ayah saya juga meninggal gara-gara kanker otak. Apakah kanker otak bisa diturunkan secara genetik??

Mohon penjelasannya dok.
Terima kasih atas penjelasannya.

Jawaban Dokter :

Salam sehat

Pada penderita stroke terkadang dapat disertai dengan gangguan konsentrasi, kemampuan berhitung, berbahasa atau memori, sesuai dengan fungsi bagian otak yang mengalami gangguan. Bila anda pernah mengalami stroke, itu berarti ada kemungkinan anda dapat mengalami stroke ulang. Pada serangan pertama, gejala yang muncul misalnya adalah kelemahan, karena bagian otak yang terkena adalah bagian otak yang mengurus gerakan. Bila serangan kedua mengenai bagian otak yang mengurus memori, maka gejala yang timbul adalah gangguan memori.

Namun ada penyakit lain yang juga dapat memberikan gejala gangguan memori, konsentrasi atau kemampuan berhitung. Stroke tidak berhubungan langsung dengan kanker otak.

Semoga bisa membantu.

Diabetes