Dear Dokter,

Saya ingin bertanya ttg kesuburan. Sejak remaja sy suka sekali onani, namun sdh beberapa tahun ini sperma/air mani sy seperti encer. Kalau keluar bisa muncratnya jauh, tdk seperti di film yg sy lihat agak kental. Apa itu tanda2 sy tdk subur dok? Mengingat sy sdh berumah tangga 5 thn tp blm dikaruniai anak.

Yang kedua, sy jg beberapa tahun belakangan ini tidak percaya diri krn penis sy terlalu cepat lemas, cepat keluar, padahal nafsu sy tetap menggebu2 seperti dulu. Adakah obat utk memperlama ejakulasi sy?

Terima kasih, mhn bantuannya.

Jawaban Dokter :

Hello Pak, jangan putus asa, Anda sebaiknya periksakan ke dokter kandungan/andrologi mengenai masalah ketidaksuburan ini. yaitu harus diperiksa suami dan istri. Untuk masalah laki-laki cukup dengan pemeriksaan analisa sperma untuk mengetahui kualitas sperma, jadi tidak bisa dilihat encer atau kentalnya saja. Untuk wanita cukup banyak yang harus diperiksa mulai dari usg, HSG dan melihat jumlah sel telurnya. Dengan banyak berolahraga dan mengurangi rokok akan membuat badan lebih bugar dan aliran darah menjadi lebih lancar serta akan memperlama ejakulasi. Semoga bermanfaat.