Saya baru belajar memakai softlens dan sedang kesulitan. Saat hendak mencopot softlens dari mata, tak sengaja softlens malah terdorong hingga hilang ‘ditelan’ kelopak mata. Tidak bisa keluar lagi. Bahkan, saya sampai nekat meraba seluruh permukaan bola mata saya (tentu saja sakit). Tidak berhasil. Apa yang harus saya lakukan kini?

Saya terpaksa tidur tadi malam dengan membiarkan mata terasa terganjal (berharap softlens itu meluncur keluar kembali ke bola mata saya esok paginya). Ternyata, si softlens tidak kembali juga.

Penglihatan saya tidak bermasalah. Tapi, di dalam sudut mata saya terasa ada yang mengganjal dan agak gatal. Sudut mata saya juga merah; mungkin krn iritasi. Saya sudah meneteskan obat mata umum (merek Visine) untuk mengusir merah iritasinya. Tapi terasa pedih di mata (biasanya, tidak terasa pedih jika saya memakai obat tets mata umum).

Apakah softlens yang hilang ‘tertelan’ mata bisa keluar atau hancur di tubuh dgn sendirinya? Saya berpenglihatan normal, dan kini amat menyesal; hanya krn ingin coba-coba pakai softlens supaya mata bisa berwarna seperti teman-teman saya. Walau begitu, sudah terlambat. Saya hanya butuh solusi sekarang agar bisa tenang. Terima kasih banyak, dokter.

Jawaban Dokter :

softlens akan tetap ada terselip dan harus dikeluarkan.sekarang ini saya sarankan anda untuk ke dokter mata untuk dilakukan pengambilan softlens tersebut.nanti jika memakai softlens kembali ada beberapa hal yang dapat menyebabkan soft lens “nyangkut” diantaranya akibat memakai softlens sampai di bawa tidur atau anda ketiduran saat memakai softlens, walau tidak terjadi pada semua orang.