dok..saya mau tanya. saya punya om yang mengidap penyakit hepatis sirosis. perut dan kakinya sudah sangat bengkak. akhirnya kita semua membawanya lagi ke rmh sakit, sebelumnya memang sudah pernah di rawat, tp kali ini berbeda. semenjak dirawat utk kedua kalinya beliau malahan bertambah parah kondisinya, perutnya dan kakinya tambah membengkak, nafasnya tersengal2. setiap hari dia merasakan sesak nafas yg begitu menyiksanya, dan juga testinya ikut membengkak, kira2 sebesar buah kelapa. itu gmn ya dok ? kita sekeluarga sudah berusaha semaksimal mungkin utk mengobatinya, tp kami perhatikan koq malahan bertambah parah. tolong dok, kasih solusinya kami harus bagaimana ? karna kami sudah tidak tega melihat beliau begitu tersiksa dengan penyakit yg dideritanya sekarang. saya mohon balas dengan segera ya dok. saya sangat mengharapkan jawaban dr dokter. sebelumnya terimakasih banyak dok.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

penyakit pengerutan hati (sirosis hepatis) memang belum ada obatnya. pengerutan hati di sini berarti jaringan hati yang sehat berganti menjadi jaringan parut atau jaringan ikat, sehingga fungsinya menurun bahkan bisa menyebabkan “gagal” hati (kegagalan hati untuk berfungsi secara normal).
Fungsi hati sangat penting bagi tubuh, karena menjaga daya tahan tubuh, menjaga kadar protein tubuh, mengatur kadar bilirubin (zat yang menimbulkan warna kuning pada kulit), mengatur penyimpanan vitamin2 pada tubuh, dan pembekuan darah.
Gejala pembengkakan perut dan tungkai bahkan testis menandakan kegagalan hati untuk menjaga kadar protein tubuh (albumin).
Bila albumin dalam tubuh menurun, akan terjadi penumpukan cairan di seluruh jaringan tubuh. untuk mengatasinya, perlu diit tinggi protein, infus albumin dan membatasi jumlah asupan cairan sampai di bawah 750 cc air per hari, contoh : hanya boleh minum kemasan air mineral ukuran sedang + 650cc dalam 24 jam penuh.
bila ada perdarahan, ini menandakan adanya pembuluh darah di lambung bagian atas yang pecah, dan ini memerlukan tindakan operasi segera.
Untuk kasus ini, saya tidak bisa memberikan banyak anjuran, karena memang hingga saat ini, sirosis hepatis belum ada obatnya. semua terapi ditujukan untuk mengurangi gejala dan memperbaiki kualitas hidup.

semoga berguna