Saya minta tolong,
Dari hasil USG ditemukan hepar membesar, intensitas echoparenchym heterogen. tepi irregular, sudut tumpul. Tampak v.porta thrombus, system bilier baik.Tampak nodul multiple di lobus kanan.
Kesimpulan: sirosis hepatis degenerasi maligna dengan splenomegali. Polyp gallbladder.
Apakah itu berarti kena kanker liver?
Terima kasih

Jawaban Dokter :

Sirosis hepatis adalah suatu keadaan di mana jaringan liver mengalami perubahan menjadi jaringan ikat yang keras. Terdapat beberapa penyebab sirosis hepatis; hepatitis C merupakan penyebab terbanyak di Indonesia. Penyebab lainnya adalah: alkohol, hepatitis B yang diikuti hepatitis D, penggunaan obat-obatan tertentu, sirosis kandung empedu, dan beberapa penyakit autoimun.
Sirosis mengakibatkan gangguan fungsi hati, baik fungsi metabolisme dan sirkulasi darah.
Sirosis sendiri kemudian dapat berkembang menjadi kanker, pada umumnya Karsinoma Hepatoseluler. Namun tidak semua sirosis adalah kanker. Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan hal ini, prosedur yang biasa dilakukan adalah biopsi.
Dari kesimpulan USG yang Saudari cantumkan, hanya dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi sirosis hati dengan perubahan bentuk jaringan yang cepat memburuk, adanya pembesaran limpa, dan polip kandung empedu.
Semoga membantu.