Dok, saya ingin menanyakan, apa sebenarnya ciri-ciri sinusitis pada umumnya? Apakah sinusitis berbahaya?
Saya sering kali mengalami hidung mampet (hampir tiap malam jika posisi tubuh terlentang, kalau telungkup ke pinggir kiri, lubang hidung sebelah kiri mampet tp yg kanan tidak, dan sebaliknya jika posisi berubah). Saya pergi ke dokter dan hanya dikasih obat flu saja serta antibiotik amoxilin (kalau tidak salah) dan hanya didiagnosis flu saja.
Kalau siang hari atau saya beraktifitas di lingkungan suhu panas, hidung berlendir, seakan penyebab mampet mencair, dan hampir seminggu yang lalu lendir tersebut jika dikeluarkan agak sedikit bau. Kemudian beberapa hari ini juga teman-teman saya bilang kalau mulut saya agak berbau tidak sedap, apa ada hubungannya?

Apa saya menderita sinusitits? Penyebabnya apa ya? Bagaimana pengobatan yang tepat untuk keluhan saya seperti ini?

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Selamat pagi,

Pertama akan saya bahas mengenai sinusitis. Sinusitis adalah istilah kedokteran untuk infeksi pada sinus, yaitu rongga yang berisi udara yang letaknya dalam rongga kepala di sekitar hidung. Setiap sinus tersebut berhubungan dengan hidung untuk pertukaran udara dan sekresi lendir hidung, dan yang paling sering terkena sinusitis adalah sinus maksilaris yang merupakan sinus terbesar dan terletak paling dekat dengan akar gigi-gigi rahang atas. Salah satu penyebab sinusitis adalah adanya infeksi dari gigi. Gigi geraham atas yang berlubang besar dan tidak dilakukan perawatan dapat menjadi nekrosis (syaraf gigi mati) dan bersama bakteri menimbulkan terjadinya nanah yang dapat menginfeksi ke bagian sinus maksilaris. Biasanya bila flu sudah disembuhkan dengan obat tetapi sinusitis tetap terjadi, biasanya THT akan merujuk ke dokter gigi untuk kemungkinan adanya infeksi gigi. Mulut yang berbau tidak sedap itu juga bisa berasal dari sinusitis nya atau karena dari infeksi giginya. Sebaiknya anda pergi ke dokter spesialis THT dan ke dokter gigi untuk kontrol mengenai kondisi gigi nya.