Hi dok belakangan ini nafas saya sesak napas , ngos ngosan tidak beraturan(seperti habis olahraga) padahal saya tidak melakukan apa apa,umur saya 14 tahun tidak meroko tidak ngopi,saya sudah ke dokter umum katanya cuman otot di dada kaku karena kurang gerak apakah benar dok?,terimakasih sebelumnya 🙂

Jawaban Dokter :

Malam Valen,
Keluhan sesak nafas umumnya disebabkan oleh gangguan pada sistem pernafasan atau jantung-pembuluh darah. Reaksi peradangan pada paru-paru akibat infeksi atau alergi dapat menyebabkan keluhan sesak. Infeksi paru2 menyebabkan sesak nafas yang disertai batuk, demam atau nyeri dada. Radang paru akibat alergi (asma) menimbulkan sesak nafas yang disertai suara mengi dan umumnya dicetuskan oleh hal tertentu (debu, bulu binatang, stress emosi, infeksi saluran pernafasan). Sesak nafas karena jantung disebabkan oleh kerja jantung yang kurang efektif akibat kelainan struktur atau gangguan ritme. Selain gangguan pada sistem pernafasan dan jantung, sesak nafas dapat disebabkan oleh cidera otot/tulang dada atau perut sehingga menggangu pernafasan akibat nyeri. Stres emosi atau beban psikis seperti pada penderita gangguan panik juga dapat mengalami sesak nafas.
Untuk memastikan diagnosis dan penanganan yang tepat, periksakan diri anda kembali ke dokter/ dokter sp penyakit dalam. Terima kasih.