dok,saya mau tanya? mama saya kalau jalan suka timbul sesak nafas, juga kalau habis mandi & kalau tidur malam/siang/kapan pun tidak bisa nyenyak. kira2 benar atau tidak mama saya sakit jantung,dok? sebelumnya terima kasih¬†banyak ya dok…….. Gbu……….

Jawaban Dokter :

Saat ini saya belum bisa memastikan apakah mama saudara memiliki penyakit jantung atau tidak. Memang kemungkinan besar keluhan sesak napas bisa disebabkan oleh karena penyakit jantung, namun harus dibedakan pula dengan penyakit lain seperti penyakit paru. untuk membedakannya diperlukan riwayat penyakit dan pemeriksaan yang lain.

Adapun gejala penyakit jantung bisa bervariasi, contohnya seperti sesak napas pada saat beraktivitas (yang pada tahap lanjut bisa pula pada saat istirahat), sesak pada malam hari, sesak pada perubahan posisi, batuk, bengkak pada tungkai, gangguan pencernaan, dll. Selain itu perlu dilihat juga faktor – faktor resiko yang dapat menimbulkan seperti usia tua, riwayat penyakit jantung pada keluarga, riwayat tekanan darah tinggi, merokok, obesitas, dll. Apakah ada keluhan tersebut pada mama saudara?

Untuk memastikan diagnosa saya menyarankan agar mama saudara memeriksakan ke dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan lebih lanjut yang lebih teliti. mungkin akan perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium dan EKG (elektrokardiogram) untuk memastikan diagnosis.

Semoga membantu