Anak saya laki-laki, usia 5 thn, cukup sering mengalami mimisan dan ini sudah dialami sejak beberapa tahun lalu (dialami juga oleh adik laki-laki saya saat masih kecil). Apakah mimisan secara historikal juga dipengaruhi oleh genetik? Saya sudah pernah tanya ke dokter spesialis dan menurutnya itu terjadi karena pembuluh darah di sekitar hidungnya tipis. Saya ingin mencari second opinion. Kemana saya harus berkonsultasi secara langsung? Mohon dapat diberikan nama dokter dan tempat serta jadwal praktek dokter tersebut. Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Dear orang tua,

Penyebab mimisan ada bermacam macam, pada anak berusia kurang dari 6 tahun, selaput mukosa pada hidungnya memang lebih tipis, sehingga anak-anak pada usia ini cenderung mudah mimisan, tidak seperti pada anak yang lebih besar. Ada juga beberapa orang, bahkan hingga menginjak usia dewasa sering mimisan, hal ini memang sangat mungkin terkait genetik, walau belum ada penelitian untuk memastikannya. Tapi tentu saja, selain mimisan, orang-orang ini adalah orang yang sehat dan tidak ada keluhan lainnya.

Adapun kita harus menyingkirkan kondisi medis tertentu.
Pada umumnya, berdasarkan wawancara dan pemeriksaan fisik anak, dokter dapat menyimpulkan apakah ada kondisi medis tertentu atau seperti yang dokter anak anda utarakan.
Apabila dalam keraguan, ada beberapa pemeriksaan yang diperlukan untuk menilai apakah ada kelainan darah, atau juga bila terdapat polip atau kista pada hidung. Kelainan darah yang tersering adalah itp (immune trombositopenia purpura) namun kondisi ini biasanya khas, selain itu ada kelainan darah lain yang disebut hemofilia, namun terjadinya pada laki-laki dan perdarahannya pada umumnya perdarahan dalam, bukan mimisan. Selain itu, pada kelainan darah perlu diperhatikan juga apakah kulit anak sering biru-biru (walau hal ini tidak 100 persen pasti kelainan darah).

Apabila anak bapak tidak memiliki kelainan-kelainan tersebut, kemungkinan memang karena faktor usia. Perlu diperhatikan juga kebiasaan menyedot atau mengeluarkan cairan hidung. Bila terlalu keras, tentunya dapat sebagai trauma dan membuat mimisan. Hal ini biasa sering terjadi pada anak dengan bakat alergi, sering pilek (rhinitis alergika).

Semoga membantu