Dokter Yang Terhormat,

Saya wanita 24 tahun dan belum menikah. Akhir-akhir ini saya sering merasa kekebalan tubuh saya menurun dan  sering merasa lelah tanpa ada aktivitas berat yg berarti, terutama pada malam hari saya sering merasa tiba-tiba lemas, kadang disertai perasaan sulit menelan dan mual. Apakah gejala tersebut mengarah pada penyakit tertentu? Apakah mengarah ke kelenjar getah bening (tidak ada benjolan, tapi daerah ketiak dan leher dan lipatan paha pernah nyeri tapi tidak intens)? Apakah aman bila saya mengkonsumsi suplemen seperti imboost setiap hari?

Terima Kasih.

Jawaban Dokter :

Nona yang baik,

Mohon maaf karena keterlambatan menjawab pertanyaan Nona.
Bila Anda merasa lemas, harus diasosiasikan dengan asupan makanan dan vitamin selama 1 minggu terakhir, apakah sudah cukup dengan beban aktivitas tubuh (fisik dan pikiran) sehari-hari, apakah istirahat Anda juga cukup dalam hal waktu dan kualitas. Karena tiga hal ini, asupan-aktivitas-istirahat berkontribusi terhadap stamina maupun kekebalan tubuh Anda.
Konsumsi vitamin boleh saja, tapi pastikan bahwa vitamin tersebut memang yang sedang dibutuhkan tubuh Anda saat ini. Silakan periksakan kesehatan Anda ke dokter, terutama untuk mengetahui apakah tekanan darah Anda kurang, atau kadar Hemoglobin darah Anda yang rendah.

Semoga bermanfaat.