Sudah beberapa tahun ini saya mengalami keputihan seperti tisu basah yang disertai gatal dan itu sangat mengganggu sekali, sampai-sampai saya harus mendouching sendiri dengan menggunakan jari saya setiap 2 hari sekali, selain itu kadang-kadang terasa nyeri. Saya sempat ke dokter dan di beri obat, tapi setelah obatnya habis, kembali lagi. Apa yang harus saya lakukan?

Jawaban Dokter :

Keputihan yang berulang dan menahun harus diwaspadai, apalagi bila anda masih muda dan belum memiliki keturunan.

Anda sangat dianjurkan kembali menemui dokter kandungan, sampaikan kepada dokter anda berapa lama ini sudah berlangsung. Kemungkinan besar anda harus diperiksa dalam untuk melihat “asal” keputihan ini, apakah dari liang vagina atau dari dalam rahim.

Bila perlu, cairan keputihan ini akan diambil sampelnya untuk dilihat organisme penyebabnya.

Jika jamur, maka anda akan diberi antijamur, bila bakteri atau parasit, maka anda memerlukan pengobatan yang lainnya.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah kebersihan pribadi, mulai dari cara membersihkan kemaluan setelah Buang Air Kecil (BAK), yaitu dengan mengusap tissue dari arah depan ke belakang. sehingga keputihan anda tidak “mengkontaminasi” saluran kencing dan menyebabkan infeksi saluran kemih.

Dan, hindari senggama sementara, serta bila perlu suami pun diperiksa apakah juga menderita infeksi saluran kemih, sehingga menyebabkan anda keputihan dan sebaliknya keputihan anda menyebabkan infeksi pada suami.