Untuk pemeriksaan gula darah sudah saya lakukan sebanyak 3 kali dan pertama dipuskesmas hasilnya normal yaitu 110, kedua di rumah sakit hasilnya 105 dan terakhir cek di rumah teman dengan alat yang sama hasilnya 138. Semuanya mengatakan masih dalam batas normal. Sampai saat ini Alhamdulilah keluarga saya belum ada yang terkena diabet.

Saat berkemih tidak terasa nyeri dan memang seperti ada perasaan ingin berkemih lagi setelah berkemih. Jumlah urin yang dikeluarkan tergantung dari frekuensi minum saya dok, jika saya minum dengan jumlah yang banyak maka jumlah urin yang saya keluarkan juga banyak. Pernah suatu ketika saya takar dengan menggunakan gelas hasilnya jika saya minum 1 gelas maka urin yang keluar sekitar 1/2 gelas lebih.

Nyeri sendi tidak ada dok, hanya nyeri/kaku yang saya alami berpindah-pindah, kadang di punggung bawah sebelah kiri, kadang di perut bawah sebelah kiri, kadang di bagian paha kiri, kadang di bagian bokong kanan dan juga punggung bawah sebelah kanan.

Hal lain yang belum saya sampaikan kemarin adalah berat badan saya turun sekitar 10 Kg dalam waktu 1.5 bulan. Memang dok, selama saya sakit saya selalu murung dan juga stress, hal ini disebabkan karena tidak kunjung membaiknya penyakit saya. Saya juga tidak ada semangat sama sekali, saya benar-benar bingung dengan semua ini. Akibatnya jika biasanya saya makan sehari 4 kali dengan porsi yang banyak, maka selama ini saya hanya makan 3 kali sebanyak 1/2 dari porsi biasanya.

Saya kuatir jika penyakit saya berhubungan dengan ginjal, prostat ataupun organ vital yang lain. Itu yang menyebabkan saya stress berat, bahkan orang tua dan istri saya memandang jika jiwa saya terganggu.
Dok untuk mencegah agar penyakit saya tidak menjalar ke organ vital, sebaiknya saya melakukan uji laboratorium dalam rentang waktu berapa lama? Apakah mungkin apa yang saya alami sekarang karena stress dan depresi yang berlebihan?

Mohon penjelasan dan pencerahan dokter

Atas perhatiannya saya sampaikan berjuta terima kasih….

Jawaban Dokter :

Untuk pemeriksaan gula darah, ada baiknya anda periksa gula darah puasa (lebih kurang 8 jam puasa, tetapi boleh minum air putih) dan gula darah dua jam setelah anda makan serta HbA1c sehingga dapat kita singkirkan anda menderita diabetes.
Perasaan ingin berkemih lagi setelah berkemih, sering terjadi pada pasien dengan infeksi saluran kemih bagian bawah, bisa juga pada peradangan pada prostat (Prostatitis), dapat pula akibat pembesaran dari prostat (harusnya orang seusia anda pembesaran prostat belum terjadi). Karena itu harus diperiksa, bila seusia anda sudah membesar kita curigai suatu keganasan mengingat berat badan turun drastis. Untuk mengetahui hal ini dapat dilakukan pemeriksaan awal dengan USG abdomen.
Penurunan berat badan sangat drastis (10 kg dalam waktu 1,5 bulan) karena itu harus dicari penyebabnya, penurunan berat badan memang dapat disebabkan asupan yang kurang dari sebelumnya seperti yang anda ceritakan, tetapi perlu dicari sebab lain, misalnya pada pasien diabetes, TBC, keganasan atau cancer atau gangguan absorbsi saluran cerna.
Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Penyakit Dalam (Internis) agar dapat dievaluasi penyebabnya serta tindak lanjutnya.
Demikian saya sampaikan, semoga cukup membantu.