Selamat malam Dok, saya mau tanya, saya pernah tertidur dalam kondisi menahan kencing, dan setelah bangun saya kebelet pipis, dan itu mrupakan hal yang wajar. Namun ternyata setiap kebelet kencing, terasanya sangat kepepet banget kayak udah minum air yg sangat banyak, padahal saya cuma minum segelas, dua gelas, tapi rasanya sudah seperti kepepet kebeletnya. Kira kira gangguan seperti apa ya, ini sudah hari ke 3, dan kondisi masih tetap.. Makasih, maaf bila ada perkataan yang kurang sopan..

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Apakah air kencing yang keluar juga banyak? Apakah terjadi ketidaknormalan pada air seni anda? Apakah terasa nyeri pada saat berkemih? Adakah rasa anyang-anyangan atau kencing tidak lampias? Apakah anda masih dapat menahan kencing tersebut?

Jika ada cairan keputihan pada kelamin anda, nyeri pada saat berkemih, hati-hati akan infeksi saluran kencing, apalagi jika ada demam. Jika ada rasa anyang-anyangan atau kencing tidak lampias, hati-hati akan penyakit batu kandung kemih.

Jika tidak ada kondisi lain seperti diatas, maka mungkin anda hanya menjadi lebih sensitif saja terhadap penumpukan air kencing pada kandung kemih anda. Kondisi minum yang sedikit juga bisa menyebabkan nyeri pada kandung kemih sehingga seperti kebelet kencing. Jangan kurangi minum anda, tetap jaga sampai 8 gelas per hari, atau 2 liter per hari nya, untuk kesehatan ginjal anda.

Jika anda mengkhawatirkan masalah ini, silahkan kunjungi spesialis urologi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan tatalaksana yang sesuai.

Semoga membantu,
Terimakasih.