Dokter, aku pria berusia 24 tahun. Masalahku kadang aku mengalami ejakulasi dini saat masturbasi. Bagaimana agar kelak saat berhubungan suami istri aku tidak mengalami gangguan ejakulasi dini?

 

Terima kasih Dok sebelumnya

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Anda jangan cemas dulu, mari anda mengenali apa itu ejakulasi dini. Ejakulasi dini adalah kondisi dimana pria ejakulasi lebih awal dari apa yang diinginkan oleh diri sendiri atau oleh pasangannya, atau sebelum pasangannya mencapai orgasme. Rata – rata waktu antara penetrasi sampai ejakulasi adalah 6 – 10 menit. Dimana dibawah 2 menit dapat dikatakan ejakulasi dini.

Ejakulasi dini dapat dipengaruhi oleh pikiran dan faktor lingkungan. Misalnya, sedang dalam keadaan depresi, masalah finansial, kurang percaya diri, malu terhadap kinerja seksual di ‘tempat tidur’. Kurangnya keintiman, emosi, dan komunikasi dengan pasangan juga dapat mempengaruhi hal ini. Namun hal lain seperti kegemukan, mengidap penyakit kencing manis, konsumsi alkohol, perokok, sedang dalam menggunakan obat tertentu, kurang aktifitas seksual juga berkontribusi dalam masalah ejakulasi dini.

Tatalaksana dari ejakulasi dini berbeda pada tiap individu, nantinya anda harus menjaga keintiman dan komunikasi dengan pasangan merupakan solusi yang tepat. Apabila keluhan masih mengganggu harap periksakan ke dokter seksolog untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.