Dok kalau penyakit Lupus itu bagaimana harapan hidupnya ? dan bagaimana pencegahannya ? terus pada penderita lupus berbahayakah merokok ?

terima kasih

Jawaban Dokter :

Penyakit Sistemik Lupus Eritematosus (SLE) merupakan penyakit autoimun yang bersifat kronis dan berulang, sering periode bebas serangan dapat bertahan sampai beberapa tahun. Gejala yang muncul dapat bervariasi dari yang ringan sampai yang berat. pasien SLE yang hanya bermanifestasi pada kulit dan sistem muskuloskeletal (tulang dan otot) mempunyai angka harapan hidup yang lebih tinggi daripada yang juga bermanifestasi pada ginjal dan sistem saraf. Secara keseluruhan memang pasien dengan SLE memiliki angka mortalitas yang lebih tinggi daripada masyarakat pada umumnya, namun hal ini dapat dicegah dengan diagnosis
dini, pengobatan yang tepat, dan kontrol penyakit yang baik (misal mencegah terjadinya infeksi). Secara umum angka harapan hidup dalam 5 tahun adalah sebesar 95%.

Pencegahan terhadap munculnya penyakit ini belum dapat dilakukan. Namun penting untuk mencegah komplikasi yang terjadi pada penyakit ini sehingga angka harapan hidupnya dapat lebih panjang.

Tentu sangat tidak dianjurkan pasien SLE merokok sebab akan
memperberat penyakitnya sendiri terutama jika SLE-nya lebih banyak bermanifestasi pada saluran pernapasan. Sebab seperti kita ketahui dalam rokok terdapat zat – zat yang sangat berbahaya bagi tubuh walaupun kita dalam keadaan sehat.

Semoga berguna