Sediaan menunjukan sel epitel permukaan dan intermediate banyak,epitel dan parabasal sedikit,latar belakang leukosit PMN sedikit,,,papsmear: kelas I(satu),itu gimana penjelasanya,,,soalnya saya belum bertemu dokter pemeriksa untuk penjelasan trimakasih

Jawaban Dokter :

Malam Sobat,
Klasifikasi hasil tes papsmear secara umum dapat dibagi menjadi lima menurut gambaran sel permukaan (epitel) dari dinding leher rahim, yaitu:
-. negatif/ normal (kelas I)
-. atipikal (kelas II)
-. low-grade squamous intraepithelial lesion (LSIL/ LGSIL) (kelas III)
-. high-grade squamous intraepithelial lesion (HSIL/ HGSIL)(kelas IV)
-. kanker (kelas V)
Jika kesimpulan hasil Sobat merupakan kelas I, hal tersebut merupakan istilah untuk menyebut hasil yang normal. Namun, penjelasan hasil tes papsmear secara lebih rinci dan jelas semestinya dilakukan oleh dokter yang memeriksa Sobat secara langsung. Dokter pemeriksa juga akan memberikan anjuran untuk pemeriksaan berkala (untuk skrining dan deteksi dini jika ada kelainan sel yang mengarah ke kanker) dalam satu atau beberapa tahun kemudian, tergantung dari usia dan hasil pemeriksaan papsmear Sobat saat ini. Skrining dan deteksi dini dengan cara papsmear secara berkala untuk para wanita sangat dianjurkan dari segi medis/kedokteran, mengingat kesehatan reproduksi sangat penting, dan kanker leher rahim hingga saat ini masih menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak pada wanita Indonesia. Semoga saran ini dapat membantu Sobat.