Saya sering mengalami radang tenggorokan. Kalau radang badan panas dingin. Tiap pagi flu, kena udara dingin langsung flu. Sekarang suara saya serak, mulut kering, batuk kering dan lendir yang menganjal di tenggorokan. Kalau batuk kadang keluar lendir bening. Yang saya mau tanya apa sakit tenggorokan ini karena musim kemarau dan perubahan cuaca yang drastis? Saya takut kenapa-kenapa dengan tenggorokan saya. Kalau pemeriksaan tenggorokan selain endoskopi apa dok? Makasih atas perhatiannya

Jawaban Dokter :

Radang tenggorokan berulang pada usia muda bisa menjadi gangguan kesehatan ringan, atau berat. Perlu diwaspadai bila ini dialami oleh PRIA dewasa muda ASIA, di mana kemungkinan keganasan di nasofaring harus disingkirkan.

Untuk mengevaluasi secara baik, sangat dianjurkan untuk dilakukan endoskopi, karena dapat meneliti lapisan tenggorokan, kerongkongan, hingga lambung. Bila ada kekhawatiran tentang endoskopi, jangan khawatir karena akan dilakukan bius ringan saat dilakukan tindakan, sehingga anda tidak akan merasakan apa-apa.

Selain radang pada tenggorokan, adanya lendir dari jalan napas mengarahkan Anda memerlukan rontgen paru-paru untuk menyingkirkan kelainan di paru-paru.

Konsumsilah banyak air putih dan vitamin C, serta hindari merokok (baik aktif maupun pasif).

Semoga berguna