Assalamualaikum, siang dok, sy wanita umur 28 thn. Sy mngalami keputihan asalnya berwarna bening tp sekarang menjadi putih kekuningan dan kental, tidak gatal ataupun berbau, namu sekarang saya sering sakit pinggang atau punggung bawah, dan rasanya seperti pegal, jika sakitnya semakin kebat keputihan saya semakin banyak.
apakah pengaruh dr keputihan ataukan sakit punggung bawah itu karna sikap duduk atw gerak yang salah, mohon di bantu sya hrs brobat sprti apa dan cara penanggulangannya seperti apa, thanx

Jawaban Dokter :

Malam Nina,
Keluhan nyeri punggung bawah atau pinggang paling sering disebabkan oleh gangguan otot. Hal ini dapat terjadi akibat cidera, bekerja atau diam terlalu lama dengan posisi tubuh yang tidak baik (seperti pekerja kantor, supir). Penyakit lain yang bisa menimbulkan keluhan nyeri punggung bawah/ pinggang tersebut adalah infeksi atau batu saluran kemih – yang umumnya menimbulkan gejala gangguan berkemih seperti nyeri saat buang air kecil, aliran air seni tidak lancar, demam, dan rasa tidak nyaman pada daerah kemaluan. Untuk memastikan hubungan antara perubahan keputihan dan nyeri punggung anda; periksakan diri anda kedokter untuk diagnosa dan pengobatan yang tepat. Semoga informasi ini membantu, salam sehat.