Dokter, saya wanita 34 tahun sudah 2 kali melahirkan secara normal. Pertanyaan saya:
1.Saya ingin hamil & punya anak lagi, haid teratur tiap bln. Tapi saya sering merasakan sakit dipinggang kiri belakang & mudah capek terkadang keputihan kental seperti lem tapi tidak gatal. Dulu pernah diberi obat oleh dr.Obgyn pervaginam 3 hari tapi sekarang muncul lagi kalau kelelahan. Apa perlu mengkonsumsi penyubur ? Mohon saran dokter agar saya bisa hamil lagi.
2. Saya pernah baca di artikel ada penyakit radang sendi yang menyebabkan keputihan dan sulit hamil. Benarkah dokter? Terima kasih sebelumnya.

Jawaban Dokter :

Salam sehat nyonya.
1. Kehamilan adalah anugrah dan untuk disebut tidak subur, ada beberapa hal yang harus diketahui. Berapa lama nyonya sudah mencoba? Adakah penggunaan kB sebelumnya serta apakah hubungan suami istri sering dilakukan (normal adalah 2-3x/minggu)?
Keputihan yang ibu alami belum tentu berkaitan dengan tidak hamilnya nyonya hingga saat ini. Terkait dengan keputihan, keputihan ada yang normal dan tidak normal. Keputihan yang tidak normal adalah keputihan banyak, berbau, kental, dapat disertai rasa gatal dan kemerahan pada daerah kemaluan luar

2. Banyak sekali penyakit yang dapat menyebabkan radang sendi. Namun, nyonya tidak perlu kuatir, sakit-sakit pada sendi yang nyonya alami saat ini belum tentu berhubungan dengan keputihan dan belum hamilnya nyonya saat ini

Salam sehat.