Dok teman saya sudah 1,5 tahun merasakan sakit perut kiri bawah. Kadang muncul kadang hilang. Saat muncul terasa seperti ada benjolan dan terasa panas. Dulu pernah berobat , katanya infeksi saluran kemih. Menurut dokter bagaimana?

Jawaban Dokter :

Terimakasih atas pertanyaannya

Sakit perut pada perut bagian kiri bawah dapat melibatkan beberapa organ yang terletak di daerah tersebut, seperti usus besar, saluran kencing. Gangguan pada usus besar yang disertai adanya benjolan dan terasa panas pedih bisa saja disebabkan oleh polip usus yang mengalami infeksi, feses (kotoran) yang keras. Oleh karena itu perlu ditanyakan juga bagaimana pola BAB dr teman anda, apakah sering mengalami sembelit, apakah ada darah. Hal lain yang mungkin terjadi adalah adanya hernia atau turun berok yang berasal dari perut kiri bawah yang terjepit atau infeksi.

Sedangkan pada saluran kemih dapat disebabkan oleh infeksi atau batu saluran kemih. Jadi ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk menentukan penyebabnya. misalnya dengan pemeriksaan rontgen perut, USG perut, pemeriksaan feses dan urine rutin.

Jika dari pemeriksaan tidak ditemukan kelainan, mungkin patut dipikirkan adanya irritable bowel syndrome yang ditandai dengan diare dan sembelit disertai sakit perut, di mana faktor stress / psikis diduga berperan dalam terjadinya gangguan ini.
Semoga informasi ini membantu