Apakah ada kelainan pada ovarium, jika kita sering sakit perut saat haid? Menurut yang saya dengar jika sudah memiliki anak maka nyeri pada saat haid tidak akan terjadi lagi karena letak ovarium akan berubah.
Terima kasih atas jawabannya

Jawaban Dokter :

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri perut saat haid dapat terjadi karena:

1. ketidakseimbangan hormonal yang terjadi saat haid

2. terhenti atau terganggunya suplai darah ke otot rahim saat haid

3. kadar prostaglandin (zat yang menimbulkan sensasi nyeri) yang tinggi dalam darah – biasanya dipicu oleh konsumsi lemak dalam jumlah besar

4. endometriosis (jaringan dinding rahim berada di tempat yang tidak seharusnya, misalnya di ovarium, sehingga setiap haid mengalami perdarahan dan menimbulkan nyeri perut hebat)

5. penyebab lain (kurang olah raga sehingga aliran darah ke panggul kurang lancar, infeksi vagina-keputihan, pemakaian spiral, dll)

Jadi, tidak selalu nyeri haid dikaitkan dengan kelainan pada ovarium. Kelainan ovarium, misalnya endometriosis pada ovarium, hanya salah satu kemungkinan yang dapat dipikirkan.

Kalau dikatakan bahwa perempuan yang sudah memiliki anak akan mereda nyeri haidnya, ini biasanya dikaitkan dengan keseimbangan hormonal yang lebih baik pada saat kehamilan, tidak ada kaitannya dengan perubahan posisi ovarium.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.