dear Dr Jimmy
terima kasih atas jawabannya,mengenai sakit kepala tersebut, memang sering saya alami dan segera hilang bila saya konsumsi obat sakit kepala Panadol, yang saya rasakan kepala sakit seperti tertarik-tarik. dan agak berat memang. kadang saya bisa menahan dengan tidur. kadang juga Dok,hal tersebut berhasil mengurangi rasa sakit tersebut. kadang juga ada rasa mual. Itu bagaimana dok?? adakah indikasi kearah sana ataukah hanya sakit kepala biasa? lalu bisakah saya memperiksakan keadaan saya dan ke bagian mana yah,dok?? sekedar tambahan saya saat ini lagi giat2nya senam Yoga dan sejak saya terlibat kegiatan ini rasa sakit kepala jarang datang..
sekali saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian dokter terhadap pertanyaan saya. Papsmear akan segera saya lakukan dok…
 
salam hangat untuk keluarga Tim Konsultasi.

Jawaban Dokter :

Dear Ibu Nurvianti
terima kasih atas salam hangat ibu kepada kami dari keterangan yang ibu berikan, saya berkesimpulan bahwa sakit kepala yang ibu derita adalah tipe sakit kepala campuran.
begini, sakit kepala ada bermacam2. sakit kepala tipe campuran yang ditandai dengan tegangnya otot2 di kepala dan sekitar leher, biasanya sakit ini dipicu oleh stress, kelelahan fisik berat, kurang istirahat.
sakit kepala yang kedua adalah sakit kepala berdenyut, atau biasa disebut migrain, ditandai dengan nyeri kepala sebelah/kedua sisi kepala, berdenyut, dan ada gejala pendahulu seperti gangguan pada mata, kram pada leher dsb.
sakit kepala ketiga adalah campuran keduanya. pemicunya sama, terbanyak adalah stress mental maupun fisik.
Namun, satu hal yang membuat saya bisa tenang adalah : kalau dengan yoga, sakit kepala itu berkurang, yaa teruskanlah yoganya. stop panadolnya ya, bu
jangan dijadikan kebiasaan untuk konsumsi panadol atau obat2 warung tsb. kalau dengan yoga dan relaksasi, sakit kepala berkurang, yaa lakukan metode itu terus.
Saya rasa, ibu belum perlu memeriksakan diri kedokter dahulu, tapi bilamana ibu ingin meminta pendapat lain, saya sarankan ibu pergi ke dokter ahli saraf/neurolog. dia akan melakukan pemeriksaan yang menyeluruh mengenai kondisi sakit kepala ibu

bagaimana dengan hasil papsmear? semoga hasilnya normal2 saja ya, bu

salam hangat dari tim kami untuk ibu dan keluarga