Dear Dokter,

Saya berusia 25 tahun belum menikah. Saya sering sekali merasakan sakit kepala yang amat sangat mengganggu, dalam 1 minggu pasti ada 1 atau 2 hari saya merasakan sakit kepala ini.
Gejala awalnya seperti migren, karena hanya saya rasakan di sisi sebelah kanan, akan tetapi semakin lama terus menjalar ke seluruh bagian kepala. Sakit akan bertambah jika saya menunduk, sehingga pernah pada suatu saat saya tidak mampu menggerakkan kepala saya, karena jika saya digerakkan akan terasa sakit sekali.

Saya sudah pernah meminum obat migren generik yang dijual di pasaran, akan tetapi tidak membantu.
Tidur selama 8 jam pun sudah saya lakukan, sakit kepala berkurang akan tetapi masih sedikit saya rasakan di pagi harinya.
Awalnya saya berpikir saya mengalami anemia, tetapi obat penambah darahpun tidak membantu.

Mohon informasinya, apa yang harus saya lakukan agar sakit kepala ini tidak kembali menyerang.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Nyeri kepala dapat disebabkan oleh beberapa penyebab. Menurut saya anda mungkin terkena nyeri kepala tipe tegang. Nyeri kepala ini biasanya berkaitan dengan stres. Untuk itu selain obat, tidur teratur, anda juga harus menghindari stres.

Namun bila nyeri kepala anda menjadi bertambah hebat, terutama di pagi hari. Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan MRI atau CT scan kepala untuk menyingkirkan kemungkinan adanya penyebab dari kelainan di dalam otak.

Semoga bisa membantu.