Dok, saya wanita 24 tahun. beberapa bulan ini saya sering mengalami sakit kepala sebelah kanan bagian atas saja, dengan sakit kepala yang berat dan seperti ditusuk-tusuk. sakit kepala ini sering kambuh secara tiba-tiba dan jika aktifitas full seharian malam harinya sering kambuh. terkadang tiba-tiba sakit kepala seperti tersengat aliran listrik yang membuat kepala nyeri sekali. dan beberapa minggu ini nafsu makan berkurang. saya ingin menanyakan dok, apakah ini berpengaruh pada syaraf saya? karena ibu saya pernah menderita seperti ini dan terjadi penggumpalan pada syaraf otaknya. terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Pada nyeri kepala yang dirasakan di satu sisi terus menerus dan bertambah berat, saya menyarankan untuk dilakukan pemeriksaan CT scan atau MRI kepala. Mungkin diperlukan juga penambahan kontras, untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang menjadi penyebab seperti misalnya gangguan bentuk pembuluh darah atau tumor.

Bila dari hasil pemeriksaan tersebut tidak ditemukan kelainan, maka mungkin nyeri kepala yang anda rasakan adalah nyeri kepala tipe tegang yang dapat diterapi dengan analgetik.

Semoga bisa membantu.