Sudah hampir setahun saya mengalami sakit kepala..
Dari sisi tengkuk sebelah kanan (belakang telinga) sampai kepuncak kepala sering berdenyut dan sakit. Jika kita menggeleng sungguh sakit luar biasa. kalau tunduk terasa ada saraf yg tegang dan susah untuk digerakkan, memang jika saya paksakan tetap bisa tapi sakitnya sangat luar biasa.
Saat ini kepala saya berdenyut kuat sekali sudah berlangsung 3 hari.
Rasa tegang dari belakang telinga sampai puncak kepala membuat saya katakutan dan stres.
Telinga juga berdenging seperti mendengar suara putaran turbin atau mesin pesawat.
Yang membuat saya tidak konsentrasi adalah denyut kepala dan agak ngambang.
Mohon bantuannya apakah gerangan sakit yg saya alami dan apa obatnya.
Jawaban Dokter sangat saya harapkan.
Terimakasih banyak.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Dari apa yang anda jabarkan sepertinya anda mengalami apa yang disebut dengan sakit kepala miogenik yang ditandai dengan leher dan pundak Anda kaku yang diteruskan dengan sakit kepala.

Sakit kepala jenis ini memang sering berhubungan dengan ketegangan akibat otot-otot di leher, pundak, dan daerah kepala. Terkaang bisa diikuti dengan telinga terasa berdenging (tinitus).

Sakit kepala seperti ini dapat diperberat dengan stres, kecemasan, depresi, gelisah dan banyak hal lain.

Pengobatannya dapat menggunakan obat-obatan analgesik, minum air dan tidur yang cukup, posisi tubuh yang benar saat bekerja di kantor, streching jika sudah lama diam pada posisi tertentu, ada terapi alternatis terbaru untuk membantu mengurangi sakit kepala yaitu dengan suntikan botox untuk melemaskan otot-otot yang menegang namun hal ini belum umum dan masih terdapat banyak pro dan kontra.

Semoga bermanfaat.