Dok, saya mau tanya kenapa ya tiap hari kepala saya sakit sebelah saja,terutama bagian belakang telinga sebelah kiri, itu terasa sakit sekali. Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Sakit kepala sebelah, atau migrain adalah gejala yang umum terjadi pada orang dewasa, terutama wanita. Apakah sakit kepala sebelah tersebut disertai aura? Aura maksudnya adalah keadaan dimana terjadi perubahan pada pandangan, bisa berupa kilatan cahaya, pandangan gelap/menyempit, pelangi, berkabut, atau objek terlihat berubah bentuk. Aura juga dapat berupa lidah terasa baal, pusing berputar, tidak dapat berbicara, atau halusinasi dengar atau bau.

Migrain dibagi menjadi dua, yaitu klasik dan umum. Klasik jika disertai dengan aura, umum jika tidak disertai aura. Untuk pertolongan pertamanya, bisa menggunakan aspirin atau paracetamol (panadol), dan disertai anti-mual seperti metoclopramide jika juga merasa mual. Jika tidak mempan, dapat menggunakan obat golongan anti inflamatori non steroid (NSAID) yang lebih tinggi seperti ibuprofen, piroxicam atau asam mefenamat, namun hati2 karena dapat menimbulkan maag. Jika masih tidak mempan, obat golongan ergotamine, sumatriptan dapat digunakan. Semua obat tersebut harus digunakan dibawah pengawasan dokter, karena efek samping yang mungkin terjadi.

Perlu diketahui, resiko stroke dapat meningkat 2-3 kali lipat pada penderita migraine. Terutama migrain klasik, resiko serangan jantung juga lebih tinggi.
Kunjungi dokter anda untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan penatalaksanaan yang sesuai.

Semoga membantu,
Terimakasih.