dokter, sejak tahun 2004 saya sering mengalami sakit kepala luar biasa dengan diikuti pembauran pada salah satu penglihatan lalu terjadi mimisan.
saya melakukan ct scan, ditemukan suspect oedem cerebri. lalu saya dianjurkan untuk meminum suatu cairan secara rutin, tapi tidak saya lakukan. setelah test darah ternyata saya juga menderita toxoplasma,dan saya melakukan pengobatan sampai th 2006. setelah melahirkan kondisi saya membaik, namun sakit kepala yg luar biasa masih saya alami dgn interval 3-4bln sekali terkadang mimisan. apakah saya menderita kanker otak? ada
test yang perlu saya lakukan? umur saya 26th
terima kasih

Jawaban Dokter :

Dear Seira,

Apakah sebelumnya anda sudah berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf ? Saya harus melakukan pemeriksaan dulu dan melihat CT scan anda sebelum menjawab pertanyaan anda. Nyeri kepala menahun memang salah satu gejala tumor otak, tetapi banyak penyakit lain yang juga mempunyai gejala seperti itu. Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf, dengan membawa hasil CT scan sebelumnya, bila ada kecurigaan ke arah kemungkinan tumor otak, mungkin akan dilakukan pemeriksaan MRI kepala. Selain itu juga saya pikir perlu dilakukan pemeriksaan darah terhadap anda.

Semoga bisa membantu.