Dear Dr,

Ayah saya mengalami kecelakaan 6 tahun lalu yang mengakibatkan adanya pembekuan darah di kepala yang akhirnya dioperasi. Setelah operasi dijalani keadaan beliau sangat baik dalam artian tidak ada efek akibat kecelakaan & operasi tersebut yang mengganggu kesehatannya.

Beberapa waktu yang lalu tanpa sengaja kepala ayah saya terbentur pohon tanpa sengaja, benturan itu mengakibatkan beliau sering mengalami sakit kepala hampir setiap hari.

Sementara ini untuk menghentikan atau mengurangi sakit kepala tersebut ayah saya terbiasa mengkonsumsi Neuralgin.

Apakah trauma akibat benturan itu berbahaya ? Amankah mengkonsumsi Neuralgin secara terus-menerus ? Apakah bekam dapat dilakukan untuk keadaan beliau sekarang ini ? Mohon bantuannya Dr. Terima kasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Pada kasus ayah anda, saya anjurkan untuk dilakukan pemeriksaan CT scan atau MRI kepala untuk mengetahui apakah ada bekuan darah lagi (seperti yang pernah dialami ayah anda sebelumnya) akibat benturan yang baru saja terjadi. Pada orang berusia di atas 50 th, benturan ringan sekalipun dapat mencetuskan perdarahan di otak yang berjalan perlahan. Gejalanya biasanya muncul setelah beberapa hari sampai minggu. Gejala yang muncul biasanya nyeri kepala, muntah sampai penurunan kesadaran. Dalam kasus ayah anda, nyeri kepala yang dirasakan perlu dipikirkan kemungkinan ke arah adanya bekuan darah di otak. Hal ini akan berbahaya bila dibiarkan.

Neuralgin hanya mengurangi gejala sementara dan tidak mengatasi penyebab. Tentu saja saya tidak anjurkan ayah anda untuk terus mengkonsumsi neuralgin.

Untuk terapi bekam, saya tidak punya pengalaman tentang peranan terapi tersebut pada kasus yang dialami ayah anda, maaf saya tidak bisa memberikan komentar.

Semoga bisa membantu