sore dok, dok sya mau tanya. kelopak mata saya mengalami bengkak seperti bintitan tpi tidak sakit, hanya gatal dan sudah sekitar 1 bulan tidak kunjung reda. awal munculnya sakit seperti bintitan, terus sembuh, kumat lagi dan sembuh beberapa kali. sudah periksa ke dokter di suruh kompres pake air hangat tapi sudah seminggu ini tidak ada perubahan. ini kenapa y dok? apa penyebabnya? dan sebaiknya periksa lagikah? ke dokter umum atau langsung ke dokter mata? terima kasih dokter sebelumnya.

Jawaban Dokter :

Dear Sobat, bengkak pada kelopak mata 1 bulan lebih sebaiknya ditangani secara serius. Silakan Sobat kembali ke dokter tempat Sobat berobat untuk bisa ditangani lebih lanjut.
Bengkak pada kelopak mata bisa disebabkan oleh karena adanya suatu reaksi radang dan yang penting adalah mencari tahu penyebab reaksi radang ini. Umumnya radang disebabkan oleh karena infeksi. Bila dicurigai infeksi maka akan diberikan obat anti infeksi seperti antibiotik supaya infeksi reda. Namun, gejala radang akibat infeksi umumnya cepat mereda/membaik setelah diberikan obat. Bila gejala berkepanjangan harus dipikirkan sebab lain. Jadi saran saya mohon cek kembali ke dokter tersebut atau dokter spesialis mata. Saat ini Sobat bisa menjaga kondisi mata untuk tidak terlalu terpapar oleh udara luar yang kotor/polusi. Gunakan kacamata untuk melindungi bagian mata yang sedang bengkak. Kompres bisa tetap dilakukan. Namun, yang terpenting adalah segera cek kembali ke dokter. Semoga menjelaskan.