dok mau tanya klo saat olahraga terlalu berat dan menjadi sesak nafas dan dada nyeri itu gmn ya tolong solusinya??? Terima kasih

Jawaban Dokter :

Sore sobat Hanif,

Dengan melalukan olahraga, sel-sel didalam tubuh kita akan memerlukan kebutuhan oksigen & nutrisi yang lebih tinggi. Karena hal tsb jantung & paru-paru akan meningkatkan kerjanya untuk memasok kebutuhan yang meningkat. Dengan demikian detak jantung dan frekuensi nafas akan semakin cepat. Pada saat jantung&paru2 kita sudah mencapai titik maksimal – namun belum cukup untuk memenuhi oksigen tubuh secara penuh; kita akan mulai merasakan sensasi ”sesak”. Disisi lain, nyeri dada yang dirasakan saat olahraga berat umumnya disebabkan oleh cidera otot (dada) yang dapat dirasakan terus sampai beberapa hari – sampai otot yang cidera tersebut sembuh. Nyeri dada yang dirasakan sobat juga mungkin bukan berasal dari otot – melainkan kondisi yang namanya ”precordial catch syndrome”.
Sindrom ini umumnya diderita anak kecil, remaja sampai dewasa muda yang tidak mempunyai kelainan jantung sama sekali. Sampai sekarang kita belum mengetahui pasti apa penyebab sindrom ini, namun jangan khawatir karena sindrom ini tidak berbahaya dan umum dirasakan oleh banyak orang. Untuk mencegah hal ini terjadi, sobat dapat melakukan pemanasan yang cukup sebelum olahraga dan usahakan menjalani aktifitas olah raga dengan intensitas yang meningkat secara bertahap (jangan langsung berlari cepat – namun awali dengan jogging). Kunjungilah dokter bilamana sobat masih khawatir atau ingin mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap.
Semoga informasi ini membantu, salam sehat!