Dalam konsultasi ini kami memuat dua surat yang saling dikirim-balas oleh dokter dan penanya:

SURAT PERTAMA

Halo Dokter,

Minggu ini teman kantor saya ada yang meninggal bunuh diri. Setelah saya tahu berita tersebut, saya agak shock dan merasa ketakutan karena tahu cara meninggalnya yang tidak wajar. Akibatnya saya jadi merasa ketakutan kalo sendirian di kost, ke kamar
mandi dan sulit tidur. Saya merasa badan saya jadi tidak sehat dan agak demam karena seperti ada beban & ketakutan yang mencekam. Saya sudah berusaha menyibukkan diri tetapi tetap teringat terus.

Untuk mengatasi sulit tidur, saya minum A****O (obat anti muntah-red). Saya khawatir kalau saya kurang tidur, keesokan harinya kerja jadi tidak dapat maksimal. Setelah saya minum A****O, saya bisa tidur nyenyak & besok pagi nya bisa bangun dengan segar.

Pertanyaan saya:

  1. Apakah aman jika saya minum A****O setiap hari selama beberapa hari? Apa efek buruk nya?
  2. Kira-kira obat apa yang aman saya minum jika saya kesulitan tidur?
  3. Obat apa yang dapat menenangkan hati & pikiran pada saat stress/banyak pikiran?

Terima kasih ya, Dokter. Saya mohon masukkannya.

SURAT KEDUA

Dear dokter,

Terima kasih atas jawaban konsultasi saya.

Tentang yang saya alami saat ini, saya masih merasa ketakutan. Tapi saya sendiri juga gak tau pasti kenapa kok saya merasa ketakutan seperti ini, karena teman-teman saya juga sudah mulai bisa mengatasi rasa takutnya itu (teman-teman cewek di kantor saya tadinya juga merasa takut seperti saya).

Sewaktu hidupnya, saya dekat dengan teman cowok saya yang sudah meninggal itu, tetapi hanya sebatas teman kerja. Kemudian setelah mengetahui kejadian itu, saya merasa sedih telah kehilangan 1 teman baik saya. Tetapi ketakutan saya adalah karena dia meninggal secara tidak wajar. Jadi klo pas saya sendirian, saya sering kali teringat dia meninggal gantung diri. Saya juga sempat lihat jenasah nya waktu sehabis dimandikan. Dia meninggal karena ada masalah pribadi dengan keluarga dan kekasihnya, tidak ada hubungannya dengan saya.

Pacar saya jg bingung kok saya ketakutan terus. Saya juga benar-benar ingin terbebas dari rasa takut ini. Saya tahu kalau obat penenang/obat tidur tidak menyelesaikan masalah saya.

Saya juga sudah berdoa, mendoakan dia juga, karena saya sayang sama dia sebagai teman. Saya tidak pernah menangis dalam kasus ini, sedangkan teman-teman cewek saya pada menangis. Ga tau rasanya gak bisa menangis, tapi saya cuma kaget & bertanya-tanya kenapa kok dia nekat mengakhiri hidupnya dengan cara seperti ini.

Mohon masukannya dari dokter….

Terima kasih banyak, dokter

Jawaban Dokter :

JAWABAN ATAS SURAT PERTAMA

Terima kasih untuk konsultasinya,

Hal mendasar untuk mengatasi keluhan Anda adalah mengatasi ketakutan yang sedang Anda alami. Apa yang Anda takutkan terhadap fakta bahwa teman Anda meninggal bunuh diri? Jika Anda tidak keberatan,saya mengharapkan jawaban Anda untuk dapat membantu kita mencari solusi bersama.

Untuk sementara, saya tidak menganjurkan Anda untuk meminum obat penenang. Karena hal ini tidak menyelesaikan masalah yang sebenarnya. Zat aktif yang terkandung pada A****O memang menimbulkan efek mengantuk namun bukan golongan obat penenang.

Semoga membantu

JAWABAN ATAS SURAT KEDUA

Dear,

Maaf, saya baru dapat menjawab konsultasi Anda. Bagaimana perasaan Anda saat ini? Apakah sudah dapat mengatasi ketakutan Anda dengan lebih baik?
Teman Anda rupanya mendapat tempat yang istimewa di hidup Anda. Ini membuat Anda merasa sangat kehilangan. Cara meninggal yang tidak wajar ini pun menambah rasa kehilangan dan mebuat Anda sangat terkejut.
Memang tidak mudah untuk melampaui hal ini. Namun hal ini harus diterima sebagai sesuatu yang bisa terjadi pada siapa saja, walaupun tidak wajar. Dan bagaimanapun juga, kehidupan tetap berjalan bagi siapa pun yang masih ada di dunia.

Anda dapat belajar untuk menerima hal ini kemudian melepaskannya sebagai suatu bagian kehidupan di mana bagian itu tetap akan ada di hati dan pikiran Anda, namun tidak lagi memberikan kesan emosi negatif yang kuat.

Bagaimana? Saya harap Anda dapat melalui ini semua dengan baik