dok, setiap kontrol ke dokter selalu saya tanyakan kondisi jantung, dan kata dokter tidak apa-apa. namun kadang saya seperti merasakan gejala-gejala yang berhubungan dengan jantung seperti rahang kaku, kadang pegal di bahu dan leher.

apa benar itu gejala jantung dok?

Jawaban Dokter :

Untuk keluhan kaku di rahang, pegal di bahu dan leher kurang pas bila dikatakan sebagai gejala jantung. Gejala jantung yang khas adalah adanya nyeri dada sebelah kiri yang kemudian bisa menjalar ke lengan dan tangan kiri. Gejala pegal-pegal pada bahu dan leher yang Sobat keluhkan bisa saja disebabkan oleh karena masalah otot saja. Masalah otot ini akan sangat erat hubungannya dengan aktivitas Sobat sehari-hari dan postur tubuh Sobat saat melakukan aktivitas tersebut. Gejala kaku pada rahang perlu diwaspadai lebih lanjut apabila Sobat ada riwayat gigi berlubang yang belum ditambal karena bisa saja gejala kaku pada rahang disebabkan oleh karena adanya infeksi melanjut yang masuk dari lubang pada gigi tersebut.

Saran saya adalah bila penjelasan dokter dirasakan masih kurang, maka Sobat bisa memastikan ketiadaan dari gangguan jantung ini dengan melakukan pemeriksaan jantung misalnya dengan EKG (elektrokardiogram) serta pemeriksaan laboratorium terkait kolesterol dan gula darah. Selain itu, Sobat juga perlu memperhatikan tekanan darah Sobat. Apakah melebihi nilai normal 120/80? Bila ya, maka semua keluhan-keluhan Sobat akan lebih bermakna untuk mendukung adanya suatu penyakit yang lebih serius daripada hanya sekedar masalah otot.

Untuk info lebih lanjut, Sobat bisa baca di:

Posisi Duduk yang Benar Sayangi Tulang Punggung Anda

Kapan Harus Intervensi Penyakit Jantung Kenali dan Sigap Serangan Jantung

Kenali Gejala Awal Penyakit Jantung

Semoga membantu =)