setiap kelelahan dalam bekerja, naik motor lama, kena udara dingin, kurang tidur, banyak tidur atau banyak pikiran saya sering merasa pusing. apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? trims

prosehat harbolnas 1

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Istilah “pusing” bisa mengindikasikan sebagai vertigo dan nyeri kepala/cephalgia. Namun dari gejala-gejala yang Anda berikan belum dapat ditentukan nama penyakitnya, sehingga kami akan memberi informasi mengenai vertigo dan macam-macam nyeri kepala. Vertigo merupakan sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya yang dirasakan seperti berputar walaupun tubuh dalam keadaan tidak bergerak. Hal ini terjadi karena adanya gangguan keseimbangan pada telinga bagian dalam. Gejala yang terjadi berupa terasa berputar, mual,muntah, adanya pergerakan bola mata yang abnormal.

Nyeri kepala/cephalgia dibagi dalam beberapa jenis yaitu migren, nyeri kepala tipe tegang, nyeri kepala klaster. Migrain terjadi hanya pada satu sisi kepala, nyeri berdenyut, disertai mual,muntah,fotofobia. Nyeri kepala tipe tegang terjadi di seluruh kepala, bersifat tumpul dan terasa seperti diikat / ditekan, sering terjadi sebagai mekanisme dari reaksi tubuh terhadap stress, kecemasan, konflik emosional. Nyeri kepala tipe klaster bersifat unilateral dan lebih terasa di daerah sekitar mata (orbita), sifat nyerinya seperti ditusuk-tusuk, dengan episode berulang dan satu episode nyeri 30-90 menit, dapat disertai gejala mata merah dan berair.

Kiranya informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.