dok saya wanita 19tahun. saya punya tekanan darah rendah, sudah lama. akhir” ini saya kumat sering pusing setelah beraktivitas. sangat pusing sampai mata nyeri. saya sudah sering berobat tp obat dr dokter tidak mempan. saya jg konsumsi suplemen penambah darah tp masih pusing sekali. mohon saran

Jawaban Dokter :

Dear Sobat, keluhan pusing perlu dimengerti adalah pusing berputar seperti sempoyongan. Sakit kepala persepsi awam adalah sakit kepala berdenyut (nyut-nyutan) atau semacam tegang terikat. Bila keluhan Sobat pusing berulang dan disertai mual muntah, mohon dicek ke dokter.
Tekanan darah rendah harus dipastikan dengan tensi darah. Terkadang perubahan posisi tubuh secara mendadak, misalnya dari berbaring lalu berdiri atau dari duduk kemudian berdiri bisa menyebabkan hipotensi ortostatik atau tekanan darah rendah akibat perubahan posisi mendadak dari rendah ke tinggi karena aliran darah ke otak kurang akibat perlawanan gravitasi.
Suplemen penambah darah sebaiknya diminum setelah Sobat memang didiagnosa oleh dokter sebagai kurang darah. Ingat kurang darah tidak sama dengan tekanan darah rendah. Kurang darah atau anemia dibuktikan dengan adanya keluhan lemah, letih, lesu, lunglai dan lemas, pucat serta adanya kadar Hb (hemoglobin) yang di bawah normal. Tekanan darah rendah adalah pengukuran tekanan darah dengan tensimeter yang hasilnya di bawah rata-rata normal.
Saran saya: perbaiki pola makan, makanlah teratur (pagi, siang, malam), biasakan aktivitas ringan secara rutin 30 menit sehari, cukuplah tidur di malam hari. Bila dengan perubahan ini keluhan terus berlanjut, silakan mencari bantuan dokter.
Salam sehat.