Dok, anak laki-laki saya sekarang berumur 7thn, dari umur 1tahun dari pusar kadang keluar air yang membuat gatal dan bengkak, saya bawa ke dr spcialis kulit diberi salep garamicin dan syrup antibiotik sembuh, tapi kambuh lagi dan begitu seterusnya bertahun tahun. Umur 6tahun yang keluar dari pusar itu air disertai nanah dan kulit pusarnya menjadi menonjol berbentuk cicin, dan sepertinya gatal karena sering di garuk apalagi pada malam hari. Lalu anak saya bawa ke dokter bedah dan didiagnosa bahwa ada saluran kencing yang tersambung dengan lubang pusar yang harus dipotong, lalu anak saya menjalani operasi. Setelah menjalani operasi memang selama setahun tidak keluar lagi air maupun nanah meskipun tonjolan pusar yang berbentuk cincin itu tetep permanen tidak hilang. Tapi, sekarang setelah setahun tonjolan pusar itu menjadi bengkak, berwarna merah, lembab, bau, gatal dan kadang mengeluarkan air dan nanah lagi.

Yang ingin saya tanyakan apakah operasi yang dulu tidak berhasil atau itu masalah di permukaan kulit pusarnya? Pengobatan pertama apa yang harus saya lakukan dan apabila harus di bawa ke dokter, ke dokter specilis apa? Apakah ke dokter bedah lagi atau dokter kulit? Saya bingung dan sedih sekali..tolong pencerahannya ya dok..

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Dear parents,

Melihat dari gejalanya, sepertinya ada dua masalah utama, yaitu infeksi dan kemungkinan kelaianan anatormi, untuk itu bapak dapat memeriksakannya ke dr bedah anak. Untuk infeksi dapat diatasi dengan pemberian antibiotik, namun untuk gangguan yang kerap muncul, mungkin dr bedah anaknya dapat membantu.

Semoga mambantu.