Saya merasakannya ada yang aneh pada punggung belakang saya sejak tahun 2006. Seperti besar sebelah & ternyata sampai sekarang kelihatan besarnya. Bentuk tubuh saya jadi semakin membesar, perut saya seperti penuh terus, tidak bisa menarik nafas panjang lagi. Apa yang harus saya lakukan dok ? Terima kasih sebelumnya .

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Benjolan pada punggung anda biasa disebabkan oleh pelbagai macam sebab.

Yang perlu diperhatikan adalah apakah benjolan itu tumbuh dengan cepat, permukaan berbenjol-benjol atau tidak, apakah terdapat nyeri, apakah meradang, apakah terdapat perdarahan atau tidak. Karena hal-hal diatas dapat membantu menentukan sifat benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

Perlu juga dperhatikan adalah apakah benjolan tersebut mengganggu aktivitas ehari-hari atau tidak. Benjolan pada punggung yang umum terjadi yaitu lipoma yaitu tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak. Benjolan lunak, berwarna kuning terang dan disekelilingi oleh kapsul yang tipis. Umumnya dapat digerakkan dari dasar dan tidak disertai nyeri.

Pada kasus anda, bejolan tersebut sudah mulai mengganggu napas, oleh karena itu saya sarankan anda untuk menemui ahli bedah untk berkonsultasi lebih lanjut karena mewaspadai penekanan terhadap organ tubuh lainnya.

Semoga bermanfaat.