Saya ingin bertanya.
presentase orang yang meninggal akibat terkena kanker payudara ada berapa banyak ya??
Sudah berapa banyak yang meninggal akibat kanker payudara?

Jawaban Dokter :

Kanker payudara memang merupakan salah satu penyebab terbanyak kematian pada perempuan. Di Amerika Serikat, pada tahun 2003 ada sekitar 200.000 kasus kanker ganas payudara, dan 50.000 kasus kanker payudara stadium dini. Kematian yang diakibatkannya sekitar 40.000 (pada tahun 2003).

Di Indonesia sendiri, kanker payudara menempati urutan kedua setelah kanker leher rahim. Mengenai angka kematiannya, kematian karena kanker payudara dapat ditekan sampai minimal, bila ditemukan pada stadium dini.

Jika kanker dapat ditemukan ketika masih terlokalisasi (belum menyebar sampai kelenjar getah bening), maka 5 tahun setelahnya 97% penderita masih bertahan hidup.

Sedangkan, jika kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening tetapi belum menyebar ke tempat lain, 79% penderita masih bertahan hidup pada 5 tahun setelahnya.

Jadi, angka kematian bervariasi, tergantung dari pada stadium mana kanker tersebut ditemukan.

Untuk itu, perlu pemeriksaan payudara sejak dini, apalagi untuk mereka yang berisiko tinggi (misal: riwayat kanker payudara di keluarga, umur di atas 55 tahun, menstruasi pertama pada usia di bawah 12 tahun, atau menopause (berhenti menstruasi) di atas 55 tahun).

Secara umum, untuk setiap perempuan mulai dari usia 40 tahun dianjurkan pemeriksaan payudara secara rutin setiap tahunnya. Pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah mammografi dan ultrasonografi (USG) untuk melihat apakah ada gambaran mencurigakan ke arah keganasan. Beberapa uji klinik membuktikan bahwa skrining dengan mammografi dapat menekan angka kematian sebesar 20-39 persen untuk wanita usia 50-74 tahun. Sedangkan untuk usia 40-49 tahun, angka kematian turun menjadi 17 persen.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Diabetes