Selamat pagi Dok,

Nama anak saya Nindya Aqila Charmaraiza (Qila), sekarang berumur 6 bln. Dari awal Qila lahir (1bln-4bln) pola tidur sudah Benar dari jam 7 mlm s/d 7 pagi. Namun baru diumur 5 bln ini Pola tidur menjadi Acak-acakan tidak ada lagi malam hari atau Siang Hari, semua jam sama…kalau dia mau Maen ya Maen, Ngantuk Ya Tidur.

Jadi Pola tidur sekarang :
– Dimalam hari, 2 jam maen dan 30 menit tidur
– Pagi hari jam 6 baru bisa tidur pulas
– Siang Hari 2 jam maen dan 1 jam tidur

Semua cara sudah saya lakukan :
1. Pakai lampu tidur, tapi tetap saya Mata ON.
2. Pada saat dia bangun tengah malam saya cuekin, tapi gak Ngaruh malah dia marah/nangis klo dicuekin.
3. Pola tidur siang yg saya batasi jadi 1 jam, tetep gak Ngaruh..malam tetap Maen dan barus bisa tidur Pagi Hari jam 6 pagi.

bagaimana cara agar bisa Teratur kembali??
Saya takut bakal jadi kebiasaan sampai dia dewasa.

Mohon bantuan solusinya, terimakasih.

Jawaban Dokter :

Pada saat ini bayi ibu sedang menemukan bahwa lingkungan itu indah dan banyak yang dapat diexplore. Sebelumnya bayi masih cuek dan tidak perduli dengan lingkungannya. Ibu juga akan mulai memperhatikan bahwa dia mulai tau namanya bila dipanggil dan bila digendong oleh orang asing tadinya mau oleh siapa saja sekarang mulai tidak mau. Tetapi ini hal normal. Nah maka dari itu dia mulai teracak-acak tidurnya bu. Apakah ayah atau ibu bekerja? kadang orang tua yang bekerja dan pulang malam membuat bayi ingin bermain dengan orang tuanya juga. Biasanya kebiasaan ini tidak akan bertahan sampai dewasa. Sudah bagus bantu dengan lampu tidur dan diredupkan saat malam. Saat menjelang tidur jangan diajak main yang terlalu membuat anak aktif. atur kembali pola tidurnya. Tidak akan bisa langsung berubah, perlahan-lahan tetapi nanti pasti bisa kembali bu.