Anak saya perempuan umur 2 minggu bb lahir 2.560gr,kalau tidur seringkali mengeluarkan suara seperti orang ngejan(bab)sambil meregangkan kaki tangan.kl di bedong tidak bs tidur sama sekali karena baby sibuk mau melepaskan diri dr ikatan.apakah itu normal????karena setiap tidur ngeden seringkali susunya ikut dimuntahkan

Jawaban Dokter :

bu, kadang anak dari baru lahir sampai usia 3 bulan mengalami kolik infantil (seperti kram perut). Hal ini normal saja bu. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak dengan kolik infantil adalah dengan cara memberikan minum yang tepat yaitu menyusui efektif minimal 15 menit untuk 1 payudara (anak tidak sambil tertidur saat menyusu), sendawakan anak setelah minum, tengkurapkan bayi, pijat bayi, dll. gumohnya kemungkinan akibat anak mengejan.
Bila hal ini terjadi terlalu sering dapat menjadi tanda alergi protein susu sapi bu. Ibu dapat mencoba dengan mengganti susunya dengan yang lebih hipoalergenik.
Untuk bedong, saat ini sudah tidak dianut lagi membedong bayi bu. Bayi sekarang dibiarkan terbuka dan tidak dibedong rapat lagi, karena akan menyebabkan hips dysplasia dan kesulitan jalan dimasa yang akan datang.