Setelah minum antibiotik selama beberapa hari, muncul plak berwarna putih di belakang lidah saya dok. Di daerah dekat tonsil, tidak ada rasa nyeri, pengurangan rasa mengecap, maupun panas. Semuanya normal. Waktu itu saya coba kerok, tp tampaknya melukai daerah sekitarnya sehingga timbul sariawan. Tp 2 hari setelah saya obati sariawan sembuh namun plak ttp ada. Saya googling dan hasilnya mirip dengan kandidiasis. Apa itu benar dok? Kandida biasanya menyerang penderita HIV, namun saya tdk pernah ada kontak maupun melakukan hal yg menjadi faktor pemicu terjangkitnya hiv seperti seks bebas maupun transfusi. Bisa sembuh berapa lama ya dok? Terimakasih sebelumnya.

Jawaban Dokter :

Halo Runni,
Plak putih dipangkal lidah pada umumnya adalah akibat kebersihan mulut yang kurang terjaga. Cara mengerok/membersihkan lidah yang tidak benar dapat menimbulkan luka berdarah yang seperti anda alami. Namun sobat benar, infeksi jamur kandida di mulut (kandidiasis oral) bermanifestasi sebagai plak bewarna butuh di dalam mulut. Kandidiasis oral tidak hanya diderita oleh orang imunodefisien (daya tahan tubuh kurang) seperti penderita HIV/AIDS.Â
Konsumsi obat antibiotik  dapat mengganggu keseimbangan flora normal mulut sehingga bertumbuhan jamur tidak terkontrol. Faktor resiko kandidiasis oral lainnya termasuk konsumsi obat golongan kortikosteroid, mulut yang kering, konsumsi makanan yang kurang bergizi, kebersihan mulut yang kurang terjaga (terutama bila menggunakan kawat gigi, gigi palsu) dan merokok. Kandidiasis oral pada orang yang imunokompeten umumnya dapat diatasi dengan obat kumur anti-jamur dan kebersihan mulut yang baik.
Untuk diagnosa dan penanganan yang tepat, mohon konsultasikan diri sobat ke dokter gigi/ dokter umum. Semoga informasi ini membantu, salam sehat.